99 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Membandel dengan Cepat dan Alami - BEKAS JERAWAT MERADANG
Loading...

99 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Membandel dengan Cepat dan Alami

Loading...
Loading...
Cara menghilangkan bekas jerawat membandel dengan cepat dan alami - Bekas jerawat di wajah sering kali menimbulkan bekas yang membuat rasa percaya diri berkurang. Noda tersebut memang bisa disamarkan dengan mengaplikasikan makeup. Akan tetapi, memiliki kulit mulus bebas bekas jerawat tentu jadi impian semua orang, bukan?

Sebenarnya, terdapat beragam pilihan produk untuk mengatasi bekas jerawat yang tersedia. Namun, jika kamu lebih memilih untuk menghilangkannya secara alami, ada beberapa pilihan bahan yang dapat kamu manfaatkan. Bahkan, sebagian bahan berikut mungkin sudah kamu miliki di rumah.

5 Bahan Alami Ini Ampuh Usir Bekas Jerawat Membandel


Penasaran? Yuk, simak cara menghilangkan bekas jerawat secara alami berikut!

1. Mengaplikasikan Beberapa Tetes Essential Oil pada Area yang Bermasalah

Essential oil atau minyak esensial adalah salah satu opsi perawatan kulit natural yang kini semakin digemari. Kaya akan nutrisi dan manfaat, terdapat beragam jenis essential oil yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

Nah, pilihan essential oil yang dapat kamu coba untuk menghilangkan bekas jerawat adalah grapeseed oil dan tea tree oil. Grapeseed oil dapat menghidrasi kulit serta membersihkan pori-pori dan mempercepat proses penyembuhan, sehingga dapat membantu menyamarkan bekas jerawat.

Adapun, tea tree oil kaya akan kandungan antiseptik dan anti-bakteri, yang tidak hanya dapat meredakan jerawat, namun juga membantu menyembuhkan bekas jerawat. Gunakan 1-2 tetes essential oil pada area yang bermasalah.

2. Membuat Masker Wajah dari Madu

Bahan alami yang satu ini memang sudah terkenal dengan sederet khasiatnya untuk kecantikan maupun kesehatan. Selain merupakan pelembap alami, madu juga memiliki kandungan antibakteri yang dapat mencegah, menyembuhkan, serta menyamarkan bekas jerawat sekaligus melembapkan kulit. Untuk menggunakannya, kamu dapat mengaplikasikan madu sebagai masker wajah, maupun sebagai campuran untuk masker atau scrub.

Untuk memaksimalkan penggunaan madu untuk menghilangkan bekas jerawat, kamu dapat membuat scrub campuran madu dan gula yang berasal dari tebu. Tebu mengandung glycolic acid yang merupakan salah satu alpha hydroxy acid (AHA) yang dapat mengangkat sel kulit mati dan mendorong regenerasi sel. Hmm, mungkin bahan-bahan ini sudah ada di dapur kamu dan dapat langsung kamu coba, nih.

3. Menggunakan Ekstrak Lidah Buaya atau Aloe Vera Gel

Belakangan ini, gel lidah buaya atau aloe vera gel sedang marak di media sosial. Pasalnya, aloe vera gel diyakini dapat menjadi solusi berbagai permasalahan kulit, mulai dari kulit kering hingga kulit berjerawat. Tidak mengherankan sih, pasalnya lidah buaya memang kaya akan vitamin C dan vitamin E yang bermanfaat untuk kulit.

Saat diaplikasikan pada kulit dengan bekas jerawat, kandungan lidah buaya akan membantu regenerasi sel-sel kulit yang rusak dan mempercepat proses penyembuhan luka, termasuk bekas jerawat. Kamu dapat menggunakan potongan lidah buaya yang telah dikupas lalu pijat secara lembut pada kulit, atau langsung menggunakan aloe vera gel dalam kemasan yang sudah banyak dijual.

4. Membuat Masker Tomat

Sering enggak sih kamu melihat masker untuk mengatasi jerawat yang menggunakan tomat sebagai kandungan utamanya? Ternyata, buah tomat yang juga kerap dinikmati dalam hidangan menyimpan banyak manfaat untuk kulit berjerawat.

Tomat memiliki kandungan anti-oksidan, vitamin A, serta carotene yang tinggi. Kandungan-kandungan ini efektif untuk menyembuhkan jaringan kulit yang rusak, mendorong pertumbuhan sel kulit baru, sekaligus mencerahkan wajah. Untuk menggunakannya, kamu dapat menggunakan irisan tomat maupun menghaluskan tomat untuk digunakan sebagai masker. Mudah sekali, ya!

5. Mengaplikasikan Putih Telur secara Rutin

Bahan alami yang satu ini kemungkinan besar tersedia di rumah kamu! Putih telur mengandung kadar protein yang sangat tinggi, sehingga membantu mengencangkan pori-pori, mengangkat komedo, mencegah jerawat, sekaligus mencerahkan luka maupun bekas jerawat.

Untuk menggunakannya, aplikasikan putih telur menggunakan kapas atau cotton bud pada area bekas jerawat, lalu diamkan semalaman. Jika kamu tidak mau mendiamkannya semalaman, cukup diamkan putih telur pada kulit selama 10-15 menit hingga kering lalu bilas.

Gunakan secara rutin sebanyak 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal! Jika putih telur masih bersisa cukup banyak, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk masker wajah. 

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami, Mudah, Cepat

Jerawat menimbulkan bekas luka kadang akibat dari memencet sembarangan. Hal ini tentu mengurangi rasa percaya diri. Bekas jerawat yang masih tampak jelas di wajah terasa sangat mengganggu. Anda mungkin telah melakukan berbagai macam cara untuk menghilangkan bekas jerawat, baik dengan berobat ke dokter kulit ataupun dengan mencoba berbagai macam produk obat-obatan. Yang tentunya akan menguras kantong Anda.

Akan tetapi, ada alternatif yang lain daripada menggunakan berbagai macam produk yang mahal dan belum tentu cocok untuk kulit Anda. Cara yang sebaiknya Anda lakukan adalah menggunakan bahan alami untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat yang timbul.
Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami
1. Kentang

Cara menghilangkan bekas jerawat pertama adalah menggunakan kentang. Kentang mengandung vitamin dan mineral yang mampu untuk menyembuhkan kulit dan menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam.

Caranya menghilangkan bekas jerawat dengan kentang mudah saja. Ikuti langkah berikut:

    Iris kentang tipis-tipis dan tempelkan pada area bekas jerawat.
    Biarkan selama 10 menit.
    Cuci wajah dengan air bersih.
    Lakukan perawatan ini sebanyak 3 kali dalam seminggu.

2. Baking Soda

Cara menghilangkan bekas jerawat selanjutnya adalah dengan baking soda. Baking soda banyak digunakan untuk proses pembuatan kue. Namun ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Bahan ini bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat berupa noda hitam, karena baking soda terdiri dari kristal sodium bicarbonate yang berfungsi untuk mengelupas kulit mati pada saat digunakan sebagai scrub pembersih.

Berikut cara menghilangkan bekas jerawat dengan baking soda:

    Siapkan beberapa sendok teh baking soda
    Air secukupnya
    Campurkan hingga mengental
    Oleskan pada area bekas jerawat, dan pijit-pijit
    Diamkan selama 2 menit
    Basuh wajah dengan air hangat
    Oleskan pelembab alami (minyak kelapa, atau minyak zaitun)

3. Mentimun

Salah satu bahan yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat adalah mentimun. Kandungan vitamin A, vitamin C, dan magnesium yang ada pada mentimun sangat bermanfaat bagi kulit. Mentimun juga mampu untuk menghidrasi kulit.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan mentimun adalah sebagai berikut:

    Iris tipis-tipis mentimun secukupnya
    Taruh di atas kulit bekas jerawat Anda
    Biarkan dulu selama 30 menit
    Bilas wajah Anda dengan air dingin

4. Lemon

Salah satu cara menghilangkan bekas jerawat adalah denganjeruk lemon. Pada air perasan lemon terdapat kandungan asam alfa-hidroksi alami (AHA) yang mampu untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Juga berfungsi untuk mempercepat penyembuhan dan revitalisasi kulit.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat menggunakan lemon:

    Belah buah lemon menjadi 2 bagian, dan peras.
    Oleskan air persan lemon pada bekas jerawat.
    Diamkan sampai kering.
    Bilas wajah dengan air bersih, lalu gunakan pelembab untuk menjaga kelembaban kulit.
    Lakukan perawatan ini setiap dua atau tiga hari sekali.

5. Lidah Buaya

Salah satu cara menghilangkan bekas jerawat yang lain adalah dengan lidah buaya. Tumbuhan ini sudah tidak asing lagi khasiatnya, selain banyak digunakan sebagai bahan perawatan rambut. Lidah buaya juga bermanfaat untuk menyehatkan kulit.

Lidah buaya mengandung zat aloesin yang berfungsi untuk menghambat pembentukan melanin yang menyebabkan kulit menjadi gelap. Anda dapat menghilangkan bekas jerawat atau flek hitam bekas jerawat dengan cara mengoleskan gel lidah buaya pada kulit yang bermasalah.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat menggunakan lidah buaya:

    Ambil daun lidah buaya dan potong menjadi beberapa bagian, lalu kupas kulitnya.
    Keluarkan dan ambil gel lidah buaya, haluskan dulu.
    Lalu oleskan pada wajah Anda.
    Diamkan selama 10-15 menit.
    Bilas wajah dengan menggunakan air hangat.

6. Gula

Satu lagi cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat secara alami, gunakanlah gula sebagai scrub. Pada tebu terdapat asam glikolat dan asam alfa hidroksi yang mampu untuk membersihkan kulit mati dan meningkatkan pembentukan jaringan sel baru.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan gula adalah sebagai berikut:

    Siapkan gula dan minyak zaitun (takar dengan perbandingan 2 : 1).
    5 tetes jus lemon.
    Campurkan semuanya hingga merata.
    Aplikasikan masker scrub gula dengan cara mengoleskan pada bekas jerawat.
    Diamkan dulu selama 15 menit.
    Bilas dengan air hangat dan gunakan pelembap alami.
    Lakukan setiap dua atau tiga kali sehari.

7. Madu

Salah satu metode lain yang bisa ditempuh sebagai cara menghilangkan bekas jerawat adalah dengan madu. Dengan bahan alami pada madu yang sangat banyak manfaatnya, kandungan antibiotic nya mampu mencegah infeksi penyebab radang pada jerawat.

Caranya menghilangkan bekas jerawat dengan madu adalah :

    Siapkan madu murni
    Oleskan pada bekas jerawat
    Biarkan hingga madu mengering
    Bilas dan bersihkan dengan air hangat

8. Bawang putih

Bawang putih, selain sebagai salah satu bahan pelengkap bumbu dapur. Juga dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat secara alami.
Kandungan pada bawang putih, yaitu senyawa thiacremonon sulfur mengandung anti bakteri yang mampu menghilangkan bekas jerawat.

Untuk menempuh cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih, lakukan hal ini:

    Siapkan bawang putih secukupnya
    Masukkan bawang putih ke dalam blender dan haluskan
    Oleskan pada bekas jerawat
    Biarkan selama 2 menit
    Bilas dengan air hangat

9. Es batu

Es batu ternyata juga bisa diaplikasikan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat secara alami. Hal ini karena sifat dingin pada es batu mampu untuk mengecilkan pori-pori kulit dan meningkatkan sirkulasi darah pada kulit.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan es batu adalah sebagai berikut:

    Ambil es batu dari dalam freezer
    Oleskan es batu pada area bekas jerawat
    Biarkan selama beberapa menit

10. Tomat

Cara menghilangkan bekas jerawat yang terakhir adalah dengan menggunakan tomat. Tomat mengandung Vitamin A dan C yang bermanfaat untuk kulit. Tomat mampu untuk mengencangkan kulit, juga bisa cepat menghilangkan bekas jerawat.

Berikut cara menghilangkan bekas jerawat dengan tomat:

    Siapkan buah tomat
    Iris tomat tipis-tipis
    Tempelkan pada area bekas jerawat
    Diamkan dulu selama 10 - 15 menit

8 Tips Menghilangkan Bekas Jerawat Membandel

Seperti apasih luka bekas jerawat itu? Bekas-bekas jerawat dapat dibedakan sebagai berikut:

    Bekas Jerawat Post-inflammatory Pigmentation

tips menghilangkan bekas jerawat merah

Bekas jerawat ini meninggalkan warna kemerahan atau kecoklatan setelah jerawat sembuh.

    Bekas Jerawat Atrophic

tips menghilangkang bekas jerawat bopeng

Jenis bekas jerawat yang menyebabkan kehilangan lapisan sel kulit.

    Bekas Jerawat Hypertrophic

tips menghilangkan bekas jerawat hitam

Jenis jerawat yang muncul dan menyebabkan kulit terlihat hitam. Sangat mengganggu bukan?

Beda jenis, beda juga cara mengatasinya. Kalau kamu mengatasi jerawat dengan cara yang tidak tepat, bekas jerawat tidak benar-benar hilang. Saat kamu menghentikan pemakaian krim, efek dari krim akan memudar dan pastinya muncul lagi bekas jerawat di wajahmu.

Warna kulit wajah juga berpengaruh pada bekas luka lho, Darlings. Orang dengan warna kulit gelap akan mengalami penggelapan atau hyperpigmentation, sementara orang dengan warna kulit cerah cenderung akan mengalami kemerahan atau erythamapada bekas luka jerawat.
Penyebab Timbulnya Noda Bekas Jerawat:

Jerawat akan mudah meninggalkan bekas luka dan bertambah parah atau meradang, jika mengalami hal-hal berikut :

    Terkena Matahari Langsung

Bekas luka jerawat yang terkena paparan sinar matahari langsung akan menghitam dan menghambat pemulihannya. Sinar ultraviolet pada matahari menstimulasi melanosit (pigmen penghasil sel) yang mengakibatkan berkurangnya warna kulit. Oleh karena itu, sebelum keluar rumah selalu gunakan tabir surya dengan kadar SPF 30 atau SPF lebih tinggi yang mengandung zincoxide. Kenakan secara berulang setelah berkeringat, berenang, maupun setelah berada di bawah sinar matahari selama lebih dari dua jam. Hindari sinar matahari pada jam 10.00-14.00, kalau harus keluar pakailah topi untuk melindungi.

    Memencet jerawat

Tangan memang selalu iseng memegang dan gemas ingin mengeluarkan isi saat timbul jerawat. Kamu harus sabar jika tidak ingin mempunyai bekas luka yang sulit dihilangkan. Memencet jerawat hanya membuat peradangan semakin parah dan bisa melukai kulit. Bahkan, memencet jerawat dapat mengakibatkan timbulnya nanah dan masuknya bakteri ke kulit sehingga merusak kolagen.

    Mengoleskan vitamin E

For your information, ternyata vitamin E mencegah proses penyembuhan bekas luka jerawat. Tidak ada manfaat apapun dari mengoleskan vitamin E ke bekas luka, bahkan beberapa orang dapat mengalami masalah kulit.
Tips Menghilangkan Bekas Jerawat:

Berikut tips menghilangkan bekas jerawat membandel dengan cepat dan alami. Yang harus kamu lakukan adalah:

    Pakai Lidah Buaya

Kamu bisa menggunakan produk yang memiliki kandungan lidah buaya untuk mengurangi bekas luka jerawat. Hal ini dianjurkan karena lidah buaya dapat membantu memudarkan bekas luka lebih cepat dan merangsang penyembuhan pada kulit.

    Kompres dengan Es Batu

Jika kamu takut memakai produk berbahan kimia, es batu juga bisa digunakan untuk memudarkan bekas jerawat.

Caranya: gosok es batu pada bekas luka atau bekas jerawat di wajah selama minimal 15 menit. Dengan cara ini selain memudarkan bekas jerawat, es batu juga menyegarkan kulit kamu.

    Masker Tomat

Tomat mengandung banyak vitamin dan khasiat, salah satunya dapat menghilangkan bekas jerawat. Membuat masker tomat sangat mudah.

Caranya: iris-iris tomat kemudian tempelkan pada bekas jerawat. Bahan yang alami ini manjur untuk menghilangkan bekas jerawat. You must try this at home,Darlings.

    Madu Campur Putih Telur

tips menghilangkan bekas jerawat dengan madu dan putih telur

Madu dan putih telur juga berkhasiat dapat menghilangkan bekas jerawat membandel lho, Darlings.

Caranya: canmpurkan putih telur dan madu, aduk rata kemudian sapukan di bagian bekas jerawat, diamkan hingga kering kemudian bilas. Jika tidak ada putih telur, madu saja juga ampuh untuk menghilangkan noda bekas jerawat. See? Simpel sekali bukan?.

    Ampas Teh

Eits, siapa bilang ampas teh tidak bisa dipakai lagi? Bekas ampas teh ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat, lho. Selain hemat, bekas jerawat Darlings juga bisa hilang.

Caranya : cukup tempelkan ampas teh di bagian bekas jerawat, kompres sekitar 5-10 menit

    Minyak Zaitun

Khasiat minyak zaitun tak perlu diragukan lagi, Darlings. Selain bisa menghilangkan bekas jerawat, minyak zaitun juga bisa mengempiskan bengkak yang diakibatkan luka bekas jerawat.

    Pengobatan Dermatologis

Jika perawatan secara alami tidak memberikan dampak yang signifikan, sebaiknya kamu mencoba pengobatan dermatologis, contohnya teknologi laser yang populer. Konsultasikan dengan dokter kulit wajah sebelumnya untuk menentukan metode apa yang cocok dengan kulit wajah kamu. Jangan sampai menyesal, Darlings!

    Detoksifikasi

Kamu bisa memilih untuk melakukan detoksifikasi tubuh dari dalam untuk memperbaiki kondisi kulitmu. Dengan mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh, proses regenerasi sel kulit akan berjalan dengan baik dan noda-noda di wajah yang timbul akibat bekas jerawat akan tersamarkan secara perlahan dan menghilang.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Salah satu cara menghilangkan jerawat yang sering dilakukan adalah dengan cara memencet jerawat, namun sayangnya tidakan ini justru dapat merusak jaringan kulit dan lapisan kulit, sehingga dapat meninggalkan bekas jerawat yang membandel.

Bekas jerawat atau flek hitam pada wajah tentunya sangat mengganggu penampilan, namun kamu tak perlu khawatir karena kamu dapat menghilangkan bekas jerawat secara alami dengan menggunakan bahan-bahan alami yang banyak ditemukan di pasar atau supermarket terdekat.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami

1. Menggunakan Madu dan Telur sebagai Masker

Madu dan telur juga dapat digunakan sebagai cara alami untuk menghilangkan bekas jerawat yang bisa dibilang cukup ampuh. Cara nya dengan mengunakan kedua bahan secara bersama-sama supaya hasilnya maksimal. Untuk menghilangkan bekas jerawat yang membandel pada wajah, kamu dapat membuat masker wajah alami dengan telur dan juga madu.

Tapi ingat, telur yang digunakan cukup putih telurnya saja. Penggunaan masker ini sebaiknya sebelum tidur sampai bangun lagi di pagi harinya, lakukan cara ini secara konsisten agar mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Menggunakan Gel Lidah Buaya

Lidah buaya biasanya dikenal dengan obat alami penumbuh dan penyubur rambut. Namun ternyata lidah buaya juga dapat dijadikan sebagai obat alami untuk menghilangkan bekas jerawat. Untuk menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan lidah buaya sangatlah mudah dengan cara mengambil gel lidah buaya kemudian oleskan pada bagian wajah yang terdapat bekas jerawat secara merata. Lakukan hal ini secara rutin setiap harinya, paling tidak 2-3kali sehari. Maka dengan sendirinya jerawat yang membandel akan berangsur menghilang tanpa bekas.

3. Dengan Menggunakan Air Jeruk Nipis

Jeruk nipis banyak sekali manfaatnya, selain untuk menghilangkan bau badan atau ketiak ternyata jeruk nipis juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat yang membandel.

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dengan menggunakan jeruk nipis cukuplah mudah, yaitu degan cara mengoleskan air perasan jeruk nipis pada wajah yang terdapat jerawat secara merata. Kemudian diamkan selama kurang lebih 15 sampai 18 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air hangat sambil dipijat secara halus.

4. Menggunakan Rempah Bawang putih

Bawang putih selain untuk bumbu rempah dapur ternyata bias juga untuk menghilangkan bekas jerawat membandel pada wajah. Caranya yaitu dengan haluskan 2-3 buah bawang putih kemudian oleskan pada wajah yang terdapat bekas jerawatnya secara merata. Meskipun bau, tetap konsisten untuk melakukan cara ini agar jerawat membandel cepat berangsur menghilang.

5. Menggunakan Tomat Sebagai Masker

Tomat merupakan salah satu bahan alami yang cukup ampuh dan salah satu bahan cara menghilangkan bekas jerawat kita. Tomat kaya akan kandungan vitamin C, ini dapat membantu menghilangkan bekas jerawat atau pun kulit kering yang membandel dan susah dihilangkan pada area wajah.

Untuk mengolah buah tomat sebagai masker sangatlah mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Caranya dengan  menyiapkan satu atau dua buah tomat yang tidak terlalu matang. Selanjutnya blender sampai halus dan jangan menambahkan air.

Dengan begitu masker sudah siap untuk digunakan, kamu hanya perlu mengoleskan tomat yang sudah di haluskan secara merata ke seluruh wajah. Setelah merata, kemudian diamkan 10-15 menit sampai kering, kemudian bersihkan dengan membasuh muka menggunakan air dingin.

6. Dengan Menggunakan ES Batu

Ternyata menghilangkan bekas jerawat juga bisa dengan menggunakan es batu. Cara ini terbilang  cukup mudah dan sederhana tetapi sangat ampuh. Caranya dengan mencuci bersih wajah kamu terlebih dahulu, kemudian ambil es batu secukupnya saja. Lalu Gosokan es batu yang telah kamu siapkan pada wajah atau leher yang terdapat bekas jerawatnya secara ringan dengan arah memutar kurang lebih 15-20 menit secara merata diarea wajah. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, kamu bisa melakukannya secara rutin antara 2 atau 4 kali dalam sehari.

Cara menghilangkan bekas jerawat diatas jika dilakukan secara rutin dan telaten maka secara perlahan akan membuat bekas jerawat memudar dan tidak meninggal bekas. Lakukan salah satu cara diatas yang menurut kamu mudah dan bahan-bahan gampang untuk didapatkan, dan pastikan bahan-bahan tersebut tidak menimbulkan alergi terhadap kulit wajah.

Loading...

Belum ada Komentar untuk "99 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Membandel dengan Cepat dan Alami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel